Hari ini, kami memasuki hari praktik yang ketiga. Hari ini kami melanjutkan Croissant dan Tarlet kami terlebih dahulu. Sebelum itu, kami memulai hari dengan Berdoa sebelum memulai hari praktik kami dan dilanjutkan dengan persentase salah satu bahan makanan yang digunakan pada makanan beserta karakteristiknya.
            Setelah itu, kami diberikan showing pembuatan Puff Pastry yang akan kami praktekkan di 2 minggu depan. Setelah Showing tersebut sembari menunggu dosen selanjutnya, kami diberikan Resep tiap kelompok. Hari ini saya mendapatkan resep Cheese Cake.
           Ketika semua tugas telah selesai, kami kemudian melakukan anak bangsa dan dilanjutkan dengan GC.






Equipment


            Bain Marie Merupakan equipment yang berfungsi sebagai pemanas makanan menggunakan uap air.  juga digunakan untuk memajang makanan siap saji. Dikarenakan desainnya menarik, yang terbuat dari bahan stainless steel. Dengan begitu, mesin ini tahan terhadap karat, dan mudah untuk dibersihkan. Jadi anda tak perlu takut, mesin ini akan menjaga makan agar tetap higenis.
Mesin Bain Marie Counter ini juga dilengkapi dengan Sneeze Guard yang menjadikan suhu pada penghangat tetap terjaga. Dengan begitu makanan akan berada pada suhu yang sama. Selain itu, mesin penghangat ini dilengkapi dengan thermostat yang berfungsi untuk mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan atau yang Anda inginkan.



Walking Chiller
           Chiller  ini biasanya di desain dengan suhu antara 0°c sampai 10°c tergantung permintaan atau di sesuaikan untuk barang barang yang akan di simpan, biasanya chiller ini di gunakan untuk penyimpanan barang barang yang cepat rusak jika berada suhu ruangan normal di atas 10°c. Dan untuk menjaga kualitas dari barang tersebut maka di simpankan ke dalam ruangan yang di sebut chiller. Untuk bentuk fisik chiller ini bermacam macam bisa dengan bentuk kotak tertutup maupun transparan. Untuk bentuk sebenarnya tidak terpatok satu model. Kenapa di sebut chiller ini biasanya bekerja pada suhu di bawah 10°c untuk chiller penyimpanan barang.




            Meat Grinder adalah mesin yang bisa digunakan untuk menggiling daging, mesin ini mempunyai dua jenis yaitu manual dan otomatis. Kegunaannya tidak hanya untuk menggiling daging saja, mesin penggiling ini juga bisa kita aplikasikan untuk menggiling kacang kacangan ataupun bahan olahan makanan yang lain. Ketika hendak menggiling daging atau bahan lain yang agak keras lebih baik kita potong terlebih dahulu agar penggilingan lebih mudah dan lebih halus. Jika anda menginkan hasil yang benar benar halus dan lembut, penggilingan bisa kita lakukan selama 2 kali. Tetap rawat pisau penggiling anda agar tetap tajam, karena apabila pisau tidak tajam akan mengakibatkan hasil gilingan kasar. Biasanya untuk penggantian pisau bisa kita lakukan satu tahun sekali. Dan yang terakir untuk selalu jangan lupa membersihkan bagian dalam penggilingan sehabis menggiling. Kita bisa menggunakan air atau air bercampur pembersih untuk membersihkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar