BAWANG PUTIH

Bawang putih dikenal secara luas sebagai salah satu bumbu masak penting pelengkap hidangan. Khususnya bagi segala macam kuliner di indonesia. Hampir seluruh hidangan masakan menggunakan campuran bumbu jenis ini. Selain sebagai bumbu yang teramat penting, bawang putih ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat.




Bawang putih merupakan tanaman dari jenis genus Allium yang telah dimanfaatkan oleh manusia sejak 7000 tahun yang lalu. Tanaman ini pertama kali ditemukan di wilayah Asia Tengah dan telah lama diambil manfaatnya sebagai bahan makanan dan sebagai bahan dasar obat khususnya di wilayah Asia, Eropa, dan Afrika. Kini bawang putih bukan lagi menjadi tanaman yang asing di telinga masyarakat dunia. Meskipun begitu, tak banyak yang mengetahui manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi bawang putih selain dari kegunaannya sebagai bahan pelengkap bumbu dapur. Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat Sebelum lebih jauh membahas seputar khasiat dan manfaat bawang putih, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai kandungan gizi yang terdapat pada bawang putih pada l berikut ini:

  • ·         Sodium 17 mg (1 %)
  • ·         Kalium 401 mg (9 %)
  • ·         Fosfor 153 mg (22 %)
  • ·         Magnesium 25 mg (7 %)
  • ·         Zat besi 1,7 mg (14 %)
  • ·         Kalsium 181 mg (18 %)
  • ·         Vitamin C 31,2 mg (52 %)
  • ·         Vitamin B6 1, 235 (mg %)
  • ·         Asam pantotenat (B 5) 0, 596 mg (12 %)
  • ·         Protein 6,39 Lemak 0,5
  • ·         1Gula 1,00
  • ·         Karbohidrat 33, 06


Bawang putih juga mengandung zat aktif alliin dan allicin, keduanya merupakan senyawa sulfur yang bisa menunjang kesehatan tubuh. Manfaat allicin pada bawang putih secara khusus telah diteliti melalui bebagai studi. Para ilmuwan tertarik pada potensi senyawa sulfur yang berasal dari bawang putih tersebut untuk mencegah dan mengobati penyakit kronis dan mematikan, seperti kanker dan penyakit jantung.

Manfaat Bawang Putih bagi Kesahatan :


1. Sebagai Bahan Dasar Obat
2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
3. Sebagai Antivirus dan Antioksidan yang Baik untuk Tubuh
4. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat (LDL)
5. Membantu Menurunkan Berat Badan
6. Membantu Meringankan Nyeri pada Saat Sakit Gigi
7. Membantu Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

8. Membantu Mencegah Penyakit Kanker.



BAWANG BOMBAY

Bawang bombay adalah tanaman yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Di samping aromanya yang sedap, bawang bombay juga ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.
Selain sebagai bumbu penyedap masakan, kandungan gizi pada bawang bombay juga dapat digunakan sebagai obat-obatan.
Bawang bombay adalah bahan makanan rendah kalori yang kaya vitamin, mineral danantioksidan. Satu cangkir irisan bawang bombay kurang lebih mengandung 64 kalori. Bahan makanan ini juga mengandung 3 gram serat, 7 gram gula, 2 gram protein, dan 15 gram karbohidrat. Sekitar 10 persen dari kebutuhan harian vitamin B6, vitamin C, dan mangan juga dapat diperoleh dari mengonsumsi bawang bombay. Selain itu, bahan ini juga mengandung magnesium, folat, zat besi, fosfor, kalium, antioksidan kuersetin, sulfur, dan kalsium.


Zat-zat yang terkandung pada bawang bombay menjadikan komoditas ini bermanfaat bagi tubuh. Beberapa klaim manfaat bawang bombay yang sering dijadikan bahan untuk berbagai upaya pengobatan antara lain adalah: mengatasi masalah pencernaan, menangani gangguan jantung dan pembuluh darah, mencegah pengerasan pembuluh arteri/aterosklerosis, berperan menangani sakit tenggorokan dan mulut, seperti asma,bronkitis, atau batuk rejan, serta untuk memperlancar buang air kecil.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal bawang bombay, tambahkan bahan ini sebagai bumbu penyedap rasa masakan tanpa menambahkan terlalu banyak kalori, lemak, dan sodium (garam). Jika terjadi gangguan akibat terlalu banyak mengonsumsi bawang bombay, disarankan langsung berkonsultasi dengan dokter.
   


BAWANG MERAH

Bawang merah memiliki nama ilmiah Allium cepa. Bawang merah merupakan sejenis tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masakan di dunia khususnya di Asia Tenggara. Orang Jawa mengenal bawang merah sebagai brambang.

Bawang merah memiliki nama ilmiah Allium cepa. Bawang merah merupakan sejenis tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masakan di dunia khususnya di Asia Tenggara. Orang Jawa mengenal bawang merah sebagai brambang.

Bawang merah mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan kita, seperti vitamin B, C, karbohidrat, protein, air, serat, kalsium, dan protein.Selain itu, bawang merah juga banyak mengandung mineral, seperti riboflavin, thiamin, niacin, asam pantotenat, folat, zat besi, mangan, fosfor, sulfur serta magnesium.
Dilihat dari kandungan nutrisinya, bawang merah tidak kalah dengan yang sama-sama ampuh dalam menangkal berbagai penyakit serta menjaga kesehatan tubuh.
Berbagai manfaat dari bawang merah untuk kesehatan, meliputi:
  • Pencegahan kanker
Bawang merah termasuk dalam keluarga sayuran allium yang sangat berhubungan dengan kanker, khususnya kanker lambung serta kanker kolorektal. Bawang merah kaya akan sulfur. Meskipun mekanisme serta cara kerja dari bawang merah dalam pencegahan kanker masih belum bisa diketahui secara pasti, namun dari beberapa penelitian telah diketahui bahwa bawang merah  mampu menghambat pertumbuhan kanker serta perubahan sel tubuh.
Bawang merah juga dipercaya sebagai sumber vitamin C yang bersifat antioksidan alami yang mampu membantu dalam hal memerangi terbentuknya radikal bebas sebagai penyebab kanker.
  • Mengendalikan kadar gula darah
Mengkonsumsi bawnag merah mampu mengurangi kadar gula darah berlebihan. Bawang merah mengandung APDS serta kromium yang mampu peningkatkan produksi insulin. Insulin merupakan hormone yang berfungsi untuk penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh.
  • Mencegah pembekuan darah
Bawang merah mengandung zat anti pembekuan darah. bawang merha yang juga kaya akan sulfur sangat berkhasiat dalam mencegah terjadinya pembekuan darah.
  • Membantu system pencernaan
Bawang merah mengandung serat pangan yang dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, bawang merah juga mengandung prebiotic yang merangsang pertumbuhan bakteri menguntungkan atau bakteri probiotik dalam system pencernaan.
  • Mengurangi alergi
Bawang merah juga kaya akan kandungan quercetin. Quercetin merupakan suatu senyawa yang bersifat antioksidan yang juga dikenal sebagai agen antiinflamasi serta agen antialergi.
  • Menjaga kesehatan otak
Bawang merah mengandung banyak vitamin B kompleks, seperti asam folat, asam pantotenat, piridoksin serta thiamin yang merupakan nutrisi penting dalam menjaga kesehatan otak serta mampu mencegah terjadinya gangguan neurologis.
  • Memperkuat tulang dan gigi
Bawnag merah mengandung banyak senyawa penting yang baik untuk memperkuat serta menjaga kepadatan tulang dan gigi, seperti kalsium, fosfor serta magnesium.
  • Memperkuat daya tahan tubuh
Bawang merah kaya akan vitamin C, quercetin serta mangan yang juga memiliki kemampuan dalam menyembuhkan demam serta influenza.
  • Mengurangi resiko hipertensi
Bawang merah mengandung senyawa yang disebut allicin. Allicin mampu menjaga kelenturan pembuluh darah untuk pempertahankan tekanan darah tetap dalam keadaan normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar