Celebes Buffet

Dojang Nakeng
Rujak Mie
***
Soto Padang
Ikan Cuka
***
Nasi Putih
Terong Santan
Plecing Sayur
Hagape Daging
***
Bika Ambon
Bihun Injin

            Hari ini, Senin 19 Februari 2018, kami memasuki minggu Praktek kembali di Munggu ke-3 bulan Februari. Hari ini berbeda dengan sebelumnya, kami harus melaksanakan kegiatan Upacara bendera yang dilakukan di lapangan depan Rektorat pada pukul 07.00. setelah kegiatan upacara dilakukan, kami harus kembali mengganti pakaian praktek untuk melaksanakan praktek hari ini. Hari ini kami mendapatkan giliran untuk menghidangkan Appetizer dengan Menu Celebes Buffet, kami masuk pukul 08.30 dan memulai praktek pada pukul 08.50. Hari ini hanya Prepared Bahan saja yang akan digunakan untuk besok.

            Setalah kami diarahkan untuk menjalankan tugas masing-masing tiap kelompok, kelompok kami seperti biasanya membagi tugas kepada anggota kelompok kami. Ada yang mendapat giliramn Butcher, ada bagian pengambilan dan Pengolahan dan ada juga yang bertugas untuk kebersihan area dan peralatan di kelompok kami. Setelah dibagi, kami mengerjakan tugas kami masing-masing dan saling bekerja sama, kadang kami juga harus bertanya kepada senior yang incharge tentang potongan dan jumlah, karena tidak tertera pada resep yang kami pegang.

            Setelah kegiatan prepared kami telah diselesaikan semuanya, kami diberi waktu untuk istirahat selama 1 jam oleh senior kami. Lalu kemudian terjadi salah komunikasi antara kami, senior dan dosen kami, dmana kami one line selama 1 jam kosong karena salah paham antara senior dan dosen kami, setelah dosen kami keluar dari ruangan Junior kami, kami melakukan kegiatan Wajib kami yaitu General Cleaning di Kitchen, setelah kegiatan GC dilakukan, kami beristirahat di halaman Kitchen Laboratory untuk menunggu jam pulang, namun sebelum pulang, kami diberikan Garlic terlebih dahulu dan melakukan Moping ulang dilantai Kitchen Karena kurang bersih, masih terdapat genangaan air dan Sink Steward masih kotor. Setelah semuanya telah dilakukan, kami Pulang dengan bahagia.








Utensil And Equipment
Cutting Board


Merupakan alat penyangga atau memudahkan dalam proses potong memotong. Cutting board terbagi atas warna dan kegunaannya :
-          Hijau, Sayuran dan buah
-          Merah, Meat
-          Kuning, Poultry
-          Coklat, Makanan
-          Putih, pastry
-          Biru, Seafood
 Umumnya terbuat dari Plastik,kayu, kaca, keramik dan silicon. Cara membersihkannya cukup mudah, disabuni menggunakan spons dan dibilas lalu lap kering.


Stove



Adalah  kompor  yang mempergunakan  gas sebagai bahan  bakarnya ( gas stove ) dan gas yang dipergunakan ialah LPG.
Namun ada pula yang mempergunakan tenaga listrik ( electrical stove ), hanya alat ini
lebih mahal   biaya operasionalnya dibanding memakai gas.



Salamander



adalah  sebuah  a l a t  dengan  sumber  api / panas  dari   bagian   a t a s,lat  ini  biasa dipergunakan untuk :
-  memberikan warna pada bagian atas makanan.
-  merenyahkan bagian atas makanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar